Bagaimana Menjadi Milyarder pada Usia 30 tahun

Berikut ini adalah tulisan yang diadaptasi dari sebuah artikel di Entrepreneur.com, yang merupakan pengalaman dari seorang milyarder, Grant Cardone seorang motivator dan penulis dari Amerika.

Sayangnya cita-cita ingin menjadi orang kaya dan menjadi milyarder terkadang masih menjadi topik yang masih tabu untuk dibahas di tengah masyarakat. Berkeinginan menjadi milyarder pada umur 30 tahun sering dikatakan hanya sebuah khayalan.

Padahal saat ini banyak anak-anak muda yang telah mampu menjadi milyarder pada usia 20-an. Jadi seharusnya anak-anak muda sudah tidak perlu takut lagi bercita-cita menjadi milyarder di bawah umur 30 tahun. Sudah banyak yang mampu mencapainya.

Berikut ini 10 langkah untuk menjadi milyarder pada usia 30 tahun, berdasarkan tips dari Grant Cardone.

1.    Ikuti aliran uang (follow the money)
Langkah pertama adalah fokus untuk meningkatkan pendapatan dan buat pendapatan tersebut selalu berulang. Menurut Grant Cardone 9 tahun sebelumnya penghasilannya $3,000 sebulan dan sembilan tahun berikutnya menjadi @20,000 sebulan. Mulailah dari ikuti uangnya (follow the money) dan itu akan memaksa Anda untuk mengontrol revenue dan selalu mencari peluang,” ungkap Grant.

2.    Tetap hidup sederhana
Grant Cardone mengatakan ia tidak membeli barang-barang mewah, seperti jam mewah dan mobil mewah, sampai bisnis dan investasinya menghasilkan penghasilan yang cukup tinggi dan stabil. Dia hanya mengendarai mobil Toyota lama, ketika sudah menjadi milyarder. Jadi yang terpenting adalah tingkatkan performa bisnis bukan gaya hidup.

3.    Berinvestasi
Menurut Grant Cardone, satu-satunya alasan untuk mengembangkan uang adalah dengan berinvestasi. Investasikan uang di tempat yang Anda tidak bisa mengungkit-ungkit uang tersebut. Jangan menggunakan uang investasi ini untuk keperluan apapun termasuk untuk hal-hal darurat. Karena Anda tidak bisa menggunakan uang ini, maka itu akan memacu Anda untuk terus mencari dan meningkatkan penghasilan Anda.

4.    Hindari utang yang tidak produktif
Buat aturan, bahwa Anda tidak akan pernah berhutang yang hutang tersebut tidak bisa menghasilkan pendapatan bagi Anda. Contoh, bila Anda kredit mobil, pastikan karena dengan memiliki mobil tersebut maka penghasilan Anda akan meningkat.

Ada pepatah, “Orang kaya berhutang untuk meleverage bisnisnya dan meningkatkan cashflow. Sedangkan orang miskin berhutang untuk membuat orang kaya semakin kaya”.

5.    Perlakukan uang seperti kekasih
Jutaan orang menginginkan kebebasan finansial tetapi hanya orang yang memprioritaskan uang yang memilikinya. Untuk menjadi kaya dan tetap kaya maka Anda harus memmprioritaskannya. Seperti halnya kekasih, bila Anda mengabaikannya maka kekasihmu akan mengabaikanmu, bahkan lebih buruk lagi ia akan meninggalkanmu.

6.    Uang tidak pernah tidur
Uang tidak punya jadwal, jam dan tidak pernah libur, dan seharusnya Anda juga demikian. Uang menyukai orang yang bekerja keras. Grant mengatakan saat usianya 26 tahun, ia berjualan retail di sebuah toko yang tutup pada pukul 7 malam. Tetapi dia tetap membuka tokonya hingga jam 11 malam untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

Jangan pernah berpikir bekerja dengan smart atau mengharapkan keberuntungan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Anda harus bekerja jauh lebih keras dibandingkan orang lain.

7.    Jangan pernah berpikir miskin
Grant Cardone bercerita, “saya pernah miskin dan rasanya sangat tidak enak”. Hilangkan pikiran atau ide yang membuat kita miskin. Bill Gates mengatakan, “If you’re born poor, it’s not your mistake. But if you die poor, it is your mistake. (Bila Anda terlahir miskin maka itu bukan kesalahanmu. Tetapi bila kamu mati dalam keadaan miskin, maka itu adalah kesalahanmu)”.

8.    Cari mentor yang terbukti sudah sukses
Umumnya orang yang terlahir dari kalangan menengah ke bawah telah membatasi ide dan cita-citnya pada level tersebut. Agar kita memiliki pemikiran dan tindakan seperti orang-orang sukses, maka cari seorang mentor yang terbukti sudah menjadi milyarder. Dengan memiliki mentor yang sudah terbukti sukses, kita bisa menduplikasi apa yang telah dia lakukan hingga mencapai kesuksesan.

9.    Buat uangmu menghasilkan lebih banyak
Menurut Grant Cardone, “investasikan kelebihan uang yang dimiliki. Untuk menjadi milyarder uang yang dihasilkan dari investasi harus lebih besar dari yang didapatkan dari hasil kerja. Investasi adalah satu-satunya alasan untuk meningkat pendapatan, jadikan uang bekerja untuk Anda”.

10.    Buat target 10 milyar bukan 1 milyar
Kesalahan terbesar dalam menentukan target keuangan adalah tidak berani menentukan target yang tinggi. Jangat takut untuk menentukan pencapaian target keuangan yang besar. Jangan hanya menset 1 milyar kalau bisa menentukan target 10 milyar dan seterusnya. Dunia tidak  kekurangan uang, yang ada adalah ketidakberanian menentukan target keuangan yang besar.

Lakukan 10 langkah diatas, akan membuat Anda kaya. Tidak ada seorang milyarder yang instant, tetap berbisnis sesuai etika, tidak pernah menyerah. Saat Anda telah berhasil mencapai kesuksesan, berbagi pengalaman dengan orang lain untuk mencapai kesuksesan seperti halnya yang Anda capai.

– See more at: http://tangandiatas.com/bagaimana-menjadi-milyarder-pada-usia-30-tahun/#sthash.yd4K6obG.dpuf